Selasa, 11 Februari 2014

IKAN DAN KEPEMIMPINAN

IKAN DAN KEPEMIMPINAN
Filosofis ikan nampaknya sinkron dengan sebuah kepemimpinan. bagusnya kondisi ikan yang akan dikonsumsi nampak dari beningnya bola matanya. Patokan ikan itu bagus atau tidak dilihat dari bagian kepalanya. biasanya ikan akan dikatakan "Busuk" dan tidak layak dikonsumsi apabila matanya agak kabur dan kemerahan. Baik buruknya kualitas ikan ditentukan oleh bagian kepalanya. Sebab ikan "Busuk" dimulai dari kepala dan menjalar ke bagian perut sampai sayap-sayapnya.
Demikian halnya  sebuah kepemimpinan. rusaknya sebuah lembaga atau instansi, itu ditentukan oleh pimpinannya. Kalau pimpinannya baik, bagus, dan berkualitas, maka bawahannya, staf dan pegawainya pun akan bagus. Sebaliknya, kalau pemimpinnya rusak, kotor (akal, perbuatan, penipu, pembohong, egosi), maka akan berdampak ke bawahannya.
simaklah betapa banyaknya terjadi iklim kerja di berbagai instansi yang tidak kondusif, itu diakibatkan oleh pimpinannya yang "Busuk". Busuk dalam arti: ketidak mampuan dalam mengelola manejerial selaku pemimpin.Ikan "Busuk" diawali bagian kepala, maka Instansi "Busuk" di mulai dari pimpinannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar