Minggu, 16 Februari 2014

PENDIDIKAN DAN KEKUASAAN, PENDIDIKAN KEKUASAAN, ATAU KEKUASAAN PENDIDIKAN

AGAKNYA KE TIGA KALIMAT ITU KALAU DIPANDANG SEPINTAS TAK MEMPUNYAI MAKNA YANG BERFAEDAH. NAMUN KALAU DIMAKNAI DENGAN CERMAT, TERNYATA MASING-MASING KALIMAT ITU MEMPUNYAI FOKUS YANG SANGAT BERBEDA. PANDANGLAH DAN CERMATI UNGKAPAN "PENDIDIKAN DAN KEKUASAAN", SIMAK DAN RENUNGKAN MAKNANYA. PADA HAKIKATNYA ANTARA "PENDIDIKAN" - "KEKUASAAN" ADA KATA SAMBUNG "DAN". INI MAKNANYA ADA PEMISAH DARI KEDUA KATA ITU, MESKIPUN "DAN" SEBAGAI KATA HUBUNG. 
MEMANG KALIMAT ITU HARUS DIPERTAHANKAN AGAR PENDIDIKAN TIDAK TERKONTAMINASI DENGAN KEKUASAAN. PENDIDIKAN MERUPAKAN MAKNA YANG HARUS BERDIRI SENDIRI DALAM OPERASIONALNYA. PENDIDIKAN HARUS BERJALAN SESUAI DENGAN HAKIKAT DARI PENDIDIKAN YAITU MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA MELALUI MEKANISME YANG TERMAKTUB DALAM TATARAN DUNIA PENDIDIKAN DAN TELAH DIABSAHKAN OLEH PAKAR PENDIDIKAN. PENDIDIKAN HARUS MEMPUNYAI POSISI YANG MULIA DEMI MENCIPTAKAN PEROBAHAN UNIVERSAL BAGI SEGENAP KOMUNITAS DUNIA PENDIDIKAN. PERJALANAN PENDIDIKAN IDEALNYA DIKELOLA OLEH INSAN-INSAN YANG BERKOMPETEN DALAM URUSAN PENDIDIKAN. BISA SAJA DEWAN PENDIDIKAN, PAKAR PENDIDIKAN, PEMERHATI PENDIDIKAN JUGA UNSUR-UNSUR YANG TERKAIT DALAM DIMENSI PENDIDIKAN. PENDIDIKAN DALAM OPERASIONAL GUNA MENCIPTAKAN KUALITAS BANGSA YANG SEHAT DAN BERKUALITAS LAKSANA KAPAL YANG BERLABUH DALAM MENGARUNGI BAHARI LUAS PENUH HIKMAH MENCAPAI KEMAJUAN. SELURUH AWAK DAN NAKHODA YANG ADA DI KAPAL ITU SEMUA ORANG YANG FAHAM DENGAN ARAH DAN TUJUAN. PENDIDIKAN JUGA DEMIKIAN. ARAH DAN TUJUAN PENDIDIKAN HARUS DIPEDANG DAN DITENTUKAN OLEH UNSUR YANG BERKAITAN DENGAN PENDIDIKAN.
SEMENTARA "KEKUASAAN" INI DAPAT DIARTIKAN PELAKSANA PEMERINTAHAN YANG MENGATUR TATAKELOLA YANG BERHUBUNGAN DENGAN MEKANISME DUNIA PEMERINTAHAN. KEKUASAAN MEMANG SANGAT MEMEGANG KENDALI DALAM PEMERINTAHAN. DEMI MENGAMANKAN STABILITAS TEMTERATUR SOSIAL DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA ITU DIKUASAI OLEH PEMERINTAH.  TAPI JANGAN HANDAKNYA KEKUASAAN ITU DATANG MENYEROBOT LAHAN YANG TELAH DITUMBUHI DENGAN BIBIT-BIBIT PENDIDIKAN. KALAU KEKUASAAN TELAH MENGGUSUR PENDIDIKAN DALAM OPERASIONALNYA, MAKA SERAPI APAPUN VISI MISI PENDIDIKAN AKAN HANCUR DAN TERKONTAMINASI OLEH KEINGINAN KEKUASAAN. DI NEGARA KITA YANG TERCINTA INI, HAL SEPERTI INI TELAH MULAI MERADANG DI TENGAH-TENGAH DUNIA PENDIDIKAN. LIHATLAH, BAGAIMANA DUNIA PENDIDIKAN DIOBOK-OBOK OLEH KEKUASAAN. BERBAGAI KEPENTINGAN KEKUASAN TELAH MEMPERKOSA HAK-HAK PENDIDIKAN. LIHATLAH BAGAIMANA PEJABAT DALAM MELANCARKAN KEINGINANNYA MASUK DAN MENGGEROGOTI PILAR-PILAR PENDIDIKAN. LIHATLAH BETAPA BANYAKNYA PARTAI YANG NOTABENENYA PEMERHATI PENDIDIKAN MENGUTAK-ATIK PENDIDIKAN. KEJADIAN INI TIDAK HANYA TERJADI DI PUSAT, BAHKAN DI DAERAH. BERAPA BANYAK LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DIGERUSI OLEH KEINGINAN KEKUASAAN DENGAN MEMAKSAKAN KEHENDAKNYA. 
TERNYATA OTONOMI PENDIDIKAN TELAH MEMPERKOSA DUNIA PENDIDIKAN YANG MENGAKIBATKAN BANYAK SEKOLAH "HAMIL" DENGAN BAPAK (KEPALA) YANG SELALU SILIH BERGANTI. BUPATI YANG MERUPAKAN PEMEGANG KENDALI DALAM OTORITASNYA TERNYATA TELAH TERKONTAMINASI DENGAN KEINGINAN-KEINGINAN DAN TARGET YANG AKAN DICAPAINYA. KEPALA SEKOLAH YANG BERKEINGINAN UNTUK MEMAJUKAN SEKOLAH DENGAN VISI MISI YANG AKAN DIKEMBANGKANNYA TERPAKSAN MENGALAMI "KEMANDULAN" SAAT MENJALANKAN VISI MISI ITU. PARA KEPALA DINAS YANG DIAMANAHKAN OLEH PEMERINTAH SETEMPAT TAK BISA BERBUAT BANYAK, SEBAB POSISINYAPUN SELALU TERANCAM OLEH PEMEGANG KEKUASAAN.   AKHIRNYA KEPALA SEKOLAH LAKSANA "HARIMAU TANPA TARING", KEPALA DINAS "LAKSANA MACAN YANG DIDUDUKKAN DI ATAS MEJA", SEMUA TELAH DISETIR OLEH PEMEGANG KEKUASAAN.
KALAU SUDAH BEGINI, SIAPA LAGI YANG BERTANGGUNG JAWAB ATAS AMANAH CITA-CITA PENDIDIKAN DEMI MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA? PENGELOLA PENDIDIKAN MENJADI "BAHAN KELOLA" BAGIAN KEKUASAAN, AKHIRNYA KEKUASAAN MENJADI PENGELOLA PENDIDIKAN. PENGELOLA PENDIDIKAN YANG DIJADIKAN BAHAN KELOLA AKHIRNYA BEKERJA DENGAN PENUH IMPOTENSIAL. TAKUT KALAU-KALAU JABATANNYA DICOPOT. UJUNG-UJUNGNYA SETOR MUKA TIMBUL DENGAN SIMBOL "ASAL BAPAK SENANG"
UNTUK ITU, BAGAIMANA IDEALNYA ?
SALAH SATU SOLUSINYA ADALAH HARUS ADA BATASAN ANTARA KEKUASAAN DAN PENDIDIKAN. BIARKAN PENDIDIKAN DIKONTROL DAN DIAWASI OLEH ORANG YANG BERKOMPETEN DALAM PENDIDIKAN. SEMENTARA PEMERINTAH SEBAGI MITRA SEJATI YANG MENDUKUNG IDE-IDE KEMAJUAN PENDIDIKAN. PENDIDIKAN ITU LAHAN YANG SUCI, JANGAN TABURI DENGAN RACUN PEMBUNUH TANAMAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar